VIDEO

Loading...

Senin, 19 Januari 2009

Karya Mahasiswa

PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih perlu perbaikan disana sini, ini dikarenakan kurangnya kesadaran dari masyarakat dan aparatur Negara untuk bersama-sama mencerdaskan bangsa.Salah satunya dikarenakan oleh faktor ekonomi dimana mayoritas masyarakat Indonesia berstatus ekonomi menengah kebawah sehingga banyak dari mereka beranggapan sekolah tidak terlalu penting yang penting “bisa kerja”.Banyak sekali kita jumpai di daerah pinggiran kota dan di pedesaan, anak-anak yang seharusnya bersekolah tetapi mereka malah bekerja sekedar untuk “mengisi perut”.

Melihat kenyataan ini pemerintah pun menyediakan anggaran untuk pendidikan sebesar 20% dari APBN.Usaha ini diharapkan bisa disalurkan tepat sasaran dan merata sehingga untuk pendidikan dasar dan tingkat pertama (wajib belajar 9 tahun) tidak dipungut biaya, tetapi dalam kenyataannya masih ada yang dipungut biaya dengan alasan untuk pembangunan.Jika masyarakat dapat bekerjasama untuk mengontrol jalannya pendidikan maka hal seperti ini tidak akan terjadi.Padahal dari Standar Nasional Pendidikan khususnya Standar sarana dan prasarana sudah disediakan anggaran untuk perawatan.

Seharusnya kalau mengadakan pemungutan sekolah melibatkan warga sekolah untuk pengambilan keputusan dan persetujuan secara partisipatif melalui rapat Komite sekolah.Pemerintah sudah memberikan otonomi untuk sekolah yang disebut MBS. Nah diharapkan dengan ini sekolah dapat memberdayakan sumberdaya yang ada di dalamnya untuk kemajuan sekolah tersebut.

Pemerintah memang perlu mengadakan UAN sebagai bentuk penilaian apakah proses pembelajaran yang telah dijalani selama ini dapat dipertanggung jawabkan atau tidak.Tetapi kesalahannya adalah mengapa ini dijadikan patokan untuk kelulusan? Sehingga terjadi pro dan kontra dari masyarakat.

Menurut saya pribadi UAN memang perlu diadakan tetapi jangan dijadikan ukuran/patokan sebuah kelulusan, pemerintah memang perlu mengetahui seberapa berhasilkah pendidikan yang telah dijalani dengan mengadakan ujian bersama sehingga pemerintah dapat menentukan sistem apa yang cocok untuk diterapkan di Indonesia.

ALIM (292008182) KELAS F mahasiswa S1 PGSD UKSW

1 komentar:

mardiyah mengatakan...

PENDIDIKAN INDONESIA

pendidikan indonesia itu belum maksimal dan masih perlu perbaikan .faktor ekonomi yang menjadi salah satu faktor alasan yang menganggap sekolah atau pendidikan tidak penting.di berbagai tempat seperti di pinggiran kota banyak anak usia sekolah yang bekerja dan tidak bersekolah.mereka bekerja demi kehidupannya.tetapi jika pemerintah lebih memperhatikan dan masyarakat sadar hal tersebut maka akan banyak anak yang sekolah dan menjadikan pendidikan sebagai hal yang terpenting.dan seharusnya pemerintah tidak dijadikan ujian nasional itu sebagai patokan kelulusan